Pembalap Ini Jajal Semua Fitur Mitsubishi XFORCE, Apa Pendapatnya?

  • Rifat Sungkar, pembalap reli kenamaan Indonesia, mengupas tuntas semua fitur Mitsubishi XFORCE. Akselerasi dan sound system jadi sorotannya.

Otojatim.com - Mitsubishi XFORCE mendapat sambutan positif berkat sejumlah fitur yang membalutnya. Tak heran jika mobil pabrikan Jepang ini menjadi penantang di kelas SUV yang cukup diperhitungkan.


Rifat Sungkar, pembalap sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors, turun langsung menjajal dan membedah keistimewaan XFORCE pada September lalu.


Hal utama yang menarik perhatian Rifat adalah soal akselerasi. Menurutnya, meski XFORCE dan Xpander mengusung mesin yang sama, namun karakter gearbox-nya berbeda di mana milik XFORCE sudah di-tune up sehingga memiliki karaktter step up Tranmision CVT yang sensasinya seperti transmisi manual dengan akselerasi naik perlahan.


"Kelebihan lainnya, saat pedal diakselerasi 100 persen, dia akan mengikuti perpindahan gigi. Tapi saat urban driving atau city driving, di mana akselerasi hanya sekitar 50 persen, XFORCE akan masuk ke mode hemat bahan bakar," kata Rifat.

Perlu diketahui bahwa XFORCE dipersenjatai mesin empat silinder MIVEC berkapasitas 1.499 cc yang menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 141 Nm. Dengan performa itu, Mitsubishi XFORCE bisa diandalkan dalam menciptakan akselerasi yang cepat dan mulus.


"Mobil ini punya tenaga yang diimbangi sistem keamanan tinggi. Kalau dibandingkan dengan Xpander, ya sudah pasti beda, terutama dari segi suspensinya. Xpander dan Xpander Cross saja sudah beda apalagi XFORCE," kata Rifat.

Terdapat empat pilihan mode berkendara, yakni Normal untuk melaju di jalan raya, Wet yang memudahkan berkendara di jalanan basah dan licin, Gravel untuk menaklukkan jalan tanah atau berkerikil, dan Mud untuk jalanan berlumpur.


Secara detil Rifat menjelaskan bahwa X-Force memiliki reaksi yang cepat. Saat dibelokkan, secara otomotis segera kembali pada posisi tengah saat dilepas. Shockbreaker sudah disesuaikan, stabilisasi dan sweeper bisa dihandle dengan baik hingga tekanan ban akan terkoordinasi dengan baik dengan suspensi depan.


Semakin mantap dengan ground clearance tinggi 222 mm dan turning radius yang cukup kecil. Dua keunggulan ini membuat berkendara lebih nyaman karena tidak perlu takut mobil lecet di bagian bawah saat berbelok atau akselerasi di tikungan atau jalan bergelombang.


Adapun fitur kemanan yang disajikan Mitsubishi XFORCE antaranya: active yaw control (AYC), Cruise Control, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), active stability control (ASC), dan juga drive mode. Cocok untuk mobilitas dalam kota.


Fitur unggulan Mitsubishi XFORCE lainnya adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS) pada head unit, yang berfungsi untuk mengecek tekanan ban mobil.


Tak ketinggalan drive score yang menunjukkan apakah pengendara telah memacu mobil secara efektif dan efisien. Serta fitur avionics untuk mengecek akselerasi mobil. 


Untuk mendukung kemudahan mengemudi di jalan yang gelap saat hujan, Mitsubishi XFORCE turut dilengkapi fitur auto light control yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi gelap dan rain sensor yang aktif saat sensor mendeteksi air yang jatuh di depan kaca mobil.

Sensor lain ditempatkan pada pintu bagasi, yakni Power Tailgate dan Kick Sensor yang membuat pengguna lebih mudah membuka pintu bagasi hanya dengan sentuhan kecil menggunakan kaki.


Mitsubishi XFORCE juga memiliki blind spot warning (BSW) yakni radar dengan jarak tiga meter di belakang atau samping untuk mendeteksi posisi kendaraan lain. Juga fitur rear cross traffic allert (RCTA) untuk memberi perlindungan saat mundur dengan cara memberi peringatan melalui sensor yang ada di belakang mobil. Dengan demikian potensi gesekan dengan mobil lain yang ingin lewat bisa dihindari.


Rifat mengaku suka dengan driving position yang disajikan XFORCE. "Untuk customer dengan tinggi badan 150 sampai 175 cm pasti akan merasakan positive feedback dari mobil ini karena area pandagnya terbaik di kelasnya dengan posisi duduk yang lebih tinggi, SUV feels-nya juga lebih dapet banget," katanya.

Suasana interior XForce terbilang mewah, nyaman, dan cukup lega. Bagian bagasi pun didesain lebih besar sehingga dapat menyimpan lebih barang bawaan. 


Kenyamanan terasa dengan fungsi AC dua zona sehingga pengemudi dan penumpang bisa mengatur suhu udara secara terpisah.


“Mitsubishi XFORCE punya teknologi baru bernama NanoeX Technology yang bisa memfilter udara. Jadi, udara yang masuk ke dalam mobil jadi lebih bersih, bebas dari polusi," tambah Rifat.


Tak hanya itu, AC Mitsubishi XFORCE juga menawarkan hembusan angin kering atau dry yang bisa dimanfaatkan apabila pengemudi perlu menghilangkan kelembapan pada area kabin mobil, seperti mengeringkan area-area yang basah.

"Ada lagi fitur yang unik dari XFORCE, yakni audio system yang bekerja sama dengan Yamaha Premium. Namanya Speed Compensated Volume & Equalizer (SCV). Jadi fitur ini bisa mengatur besar kecilnya suara secara otomatis tergantung kecepatan mobil," 


Mitsubishi XFORCE dengan pilihan warna menarik seperti Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.


Adapun harganya, untuk Mitsubishi XForce Ultimate CVT dibaderol Rp415,9 juta dan XForce Exceed CVT seharga Rp382,9 juta (OTR Surabaya).

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha nmax s