Nyetir Makin Santai, Ini Deretan Fitur Keamanan Canggih pada Mitsubishi Xforce

  • Fitur-fitur canggih yang dimiliki Mitsubishi XForce membawa banyak kemudahan bagi penggunanya. Apa saja itu?

Otojatim.com - Baru diperkenalkan Agustus 2023 lalu, Mitsubishi XForce langsung naik daun di pasar otomotif Indonesia. Hal ini tak lepas karena fitur-fitur canggih yang ditawarkan untuk menambah kemudahan pengguna. Utamanya dalam hal keamanan. 


Berikut ini fitur keamanan aktif yang dimiliki Mitsubishi XForce:


1. Active Yaw Control (AYC)

Fitur ini bekerja saat mobil menikung dalam kecepatan tinggi, terutama di jalan licin. Gaya pengereman pada roda depan akan disesuaikan sehingga kestabilan saat bermanuver jadi lebih optimal. Dengan begini, kemungkinan understeer (kehilangan kendali) dapat diminimalisir. Fitur ini juga dapat menjaga posisi kendaraan tetap konsisten berada di garis yang diinginkan pengemudi.


2. Adaptive Cruise Control (ACC) 

Fitur ACC mendukung akselerasi, deselerasi, dan penghentian mobil, serta mengurangi beban kerja pengemudi dalam situasi kemacetan panjang di jalan tol.

3. Anti-lock Braking System (ABS)

Sistem ABS adalah yang komponen paling penting dalam sistem pengereman modern. Sangat berguna saat ngerem mendadak, terutama untuk menghindari agar roda kendaraan tidak terkunci, sehingga mudah dikendalikan dan meminimalisir kemungkinan tergelincir. 


4. Electronic Brake Distribution (EBD)

Kinerja fitur ini beriringan dengan ABS, agar distribusi tenaga pengereman ke roda-roda kendaraan kian optimal. Dengan tekanan pengereman yang tepat, stabilitas dan pengendalian semakin baik. Sangat berguna di kondisi jalan licin.


5. Active Stability Control (ASC)

Jika kendaraan terdeteksi kehilangan traksi dan bergerak di jalur yang tidak diinginkan, maka fitur ini akan mulai bekerja. Tenaga mesin akan diturunkan, dan secara otimatis menerapkan pengereman.


6. Drive Mode

Fitur drive mode adalah unggulan dari Mitsubishi XForce. Ada empat mode berkendara, yakni normal, wet (basah), gravel (berpasir), dan mud (berlumpur). Cara kerjanya berkaitan dengan kustomisasi kontrol traksi, AYC, akselerasi, dan steering ke level-level berbeda untuk membantu pengemudi menguasai medan jalan.


“Di Indonesia itu kondisi jalannya sangat beragam, lalu curah hujannya juga cukup tinggi sehingga sering kali jalanan tergenang. Kalau pakai mode Wet ini sangat membantu sekali untuk pengemudi,” kata Rifat Sungkar, pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi.

7. Auto Light Control

Saat mobil melaju di jalanan gelap maka lampu akan menyala secara otomatis. Pandangan semakin nyaman dengan rain sensor yang akan aktif saat sensor mendeteksi air yang jatuh di depan kaca mobil.


8. Blind Spot Warning (BSW)

Tak perlu khawatir menyerempet objek di sekitar mobil karena tak terlihat, sebab fitur BSW akan mendeteksi posisi kendaraan lain melalui radar dengan jarak tiga meter di belakang atau samping.


Fitur ini disematkan pada kaca spion untuk memberi peringatan pada pengemudi. “Kalau di spion terlihat warna orange berarti ada mobil, jadi kita bisa lebih waspada,” kata Rifat.


9. Rear Cross Traffic Allert (RCTA)

Fitur ini sangat berguna ketika parkir di tempat ramai, di mana luas penglihatan terbatas. Dengan sensor dan kamera, fitur ini akan mendeteksi jika ada kendaraan yang datang dari belakang saat ingin keluar dari tempat parkir agar tercegah dari tabrakan dengan kendaraan lain. Peringatan akan diberikan melalui visual dan suara.


10. Emergency Stop Signal (ESS)

Fitur ini memberi peringatan kepada pengemudi saat melakukan rem mendadak. Lampu rem akan berkedip cepat sebagai tanda kepada kendaraan lain di belakang bahwa sedang terjadi situasi mendesak pada mobil Anda. Sehingga mereka bisa memberi perhatian khusus dan lebih waspada.


Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors mengatakan bahwa XForce adalah buah dari keseriusan tim Mitsubishi untuk mewujudkan kendaraan impian bagi masyarakat Indonesia. “Kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan X-Force untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” katanya di sela GIIAS 2023, pada Jumat (11/8/2023).

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha nmax s