iklan jual beli mobil

Mengenal Active Yaw Control: Fitur Keselamatan Paling Canggih pada Mitsubishi Xpander Cross

active yaw control mitsubishi

Otojatim.com - Mitsubishi New Xpander Cross semakin lengkap dan aman dengan dilengkapi sistem pengereman Active Yaw Control (AYC). Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan performa saat mobil menikung dan memastikan kendaraan merespons sesuai dengan keinginan pengemudi saat melakukan manuver.


Shinji Suzuki, Departemen Evaluasi Daya Tarik Produk Mitsubishi Motors, menyatakan bahwa fitur AYC meningkatkan keamanan saat mobil menikung. "AYC secara optimal mengontrol pengereman dan ban sehingga membuat mobil lebih aman saat menikung," ungkapnya.

Sistem pengereman AYC biasanya ditemukan pada mobil dengan kelas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, fitur AYC tidak dimiliki oleh mobil-mobil lain dalam kelas New Xpander Cross. Secara bertingkat, fitur keselamatan tambahan pada pengereman biasanya dimulai dengan pemasangan ABS (Anti-lock Brake System) pada mobil. Kemudian, langkah berikutnya adalah fitur Active Stability Control (ASC), dan yang paling canggih adalah sistem AYC.

Sistem pengereman AYC dapat meningkatkan performa saat mobil menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk memaksimalkan stabilitas kendaraan saat melakukan manuver cepat atau saat menghadapi jalan yang licin. Bekerja sama dengan ABS dan ASC, sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara dalam berbagai kondisi cuaca dan jalan.

Cara kerjanya adalah saat mobil menikung di permukaan jalan yang licin, sistem pengereman AYC akan mengerem roda depan di dalam tikungan, mengurangi risiko understeer (kehilangan kendali) dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang diinginkan oleh pengemudi.

Secara gamblang, modul ABS akan mencegah ban kendaraan terkunci saat pengereman mendadak. Selanjutnya, tugas ASC adalah mendeteksi apakah terjadi oversteer atau understeer, dan sistem ini bertugas untuk mengontrol putaran mesin dan mengerem ban yang tergelincir. Kemudian, sistem pengereman AYC akan menjaga momentum kecepatan dan putaran kemudi saat mobil melakukan manuver.

Dalam fitur ini, sistem dapat membaca empat variabel, yaitu sensor kecepatan roda, sudut kemudi, putaran mesin, dan pengereman. Semua variabel ini dapat bekerja bersamaan. Fungsi AYC pada dasarnya mencegah perilaku yang tidak diinginkan, seperti understeer, karena sistem mobil ini akan mendeteksi apakah putaran mesin terlalu tinggi atau terlalu kuat, atau sudut kemudi terlalu tajam, atau apakah ban terlalu tergelincir.

AYC juga beroperasi dalam hitungan detik untuk membantu pengemudi. Dengan demikian, semua sistem yang ada tidak memberatkan mobil sehingga tidak membutuhkan energi yang lebih besar.

Bahkan saat diuji dalam manuver pada kecepatan 60-70 kilometer per jam, mobil tidak menunjukkan tanda-tanda oversteer sama sekali. Hal menariknya adalah indikator AYC yang terdapat pada klaster meter menunjukkan bagaimana mobil bekerja keras untuk membantu pengemudi tetap berada di jalur yang benar.

Tidak heran jika kombinasi yang sempurna antara keagresifan SUV dan kualitas tinggi yang juga didukung dengan kemampuan berkendara yang sangat baik membuat Mitsubishi New Xpander Cross mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha nmax s